Selasa, 30 November 2010

Mengetahui Etika Berinternet

Internet merupakan dunia maya dan berbeda dengan dunia nyata.walaupun disebut sebagai dunia maya  namun demikian  dunia Internet ini masih memiliki etika seperti halnya dunia nyata . Anda sebagai pengguna Internet harus mengetahui dan mematui etika tersebut.


Mengetahui Etika Dalam Berinternet
Etika dalam menggunakan internet dikenal dengan istilah netiket.Virginia shea dalam bukunya yang berjudul "Netiquette" mengenalkan beberapa etika dasar dalam berinternet
  •  Mengetahui siapa yang diajak bicara,Ketika sedang onlineAnda harus mengetahui dan mengingat siapa yang sedang Anda ajak bicara sehingga Anda perlu berhati-hati dalam berkata-kata,Jangan sampai Anda mengeluarkan kata-kata yang kasar sehingga orang lain tersinggung. Anda harus mengetahui bahwa yang Anda ajak bicara adalah manusia biasa bukan mesin atau komputer. Mereka pun mempunyai perasaan Anda harus menjaga perasaan orang yang sedang Anda ajak bicara melalui internet.
  • Mengetahui dimana Anda sedang berada,Pada saat online, Anda sedang berda di komunitas dunia maya. Anda harus mengetahui dan dapat beradaptasi dengan dunia tersebut,Dunia tersebut mengenal sopan santun tidak jauh berbeda dengan dunia nyata.
  • Memberikan kesan yang baik pada saat online,Walaupun dalam dunia maya Anda tidak bertatap muka secara langsung,Anda perlu menjaga citra Anda pada orang yang sedang Anda ajak bicara lewat internet, Berusahalah menjadi diri sendiri jangan menjadi sosok lain yang bukan diri Anda. Kesan baik Anda akan menjadi kesan yang mengesankan bagi teman bicara. jangan biarkan orang lain menilai buruk tetang diri Anda.Dalam dunia maya ini Anda dapat memperoleh teman sebanyak-banyaknya untuk menjalin hubungan dan kerjasama serta saling tukar informasi. Apabila Anda tidak memperhatikan etika dalam berinternet,Maka Anda akan lebih banyak mendapatkan lawan dari pada teman.
  • Selalu menjaga emosi, Sering pada saat berinternet,Anda kurang dapat mengendalikan emosi sehingga mengakibatkan dampak buruk terhadap hubungan baik dengan teman bicara Anda .Apabila Anda mudah marah hanya karena masalah sepele atau tidak berarti ,maka Anda dijauhi oleh teman Anda karena teman bicara Anda akan menganggap berbicara dengan Anda adalah suatu hal yang sangat membosankan dan dapat membuang waktu secara percuma. Teman Anda tentunya tidak akan menyukai tipe orang yang pemarah jadi, Anda harus dapat mengendalikan amarah Anda pada saat online ke internet.
  • Jangan memperlihatkan kekuasaan Anda,Dalam dunia maya atau internet, Anda tidak akan dibedakan karena status Anda dengan orang lain Adalah sama dan tidak akan terlihat pada saat Anda sedang online ke internet,Orang lain hanya akan menganggap Anda adalah orang biasa Walaupun pada kenyataanya Anda adalah seorang pejabat atu public figur jadi janganlah Anda merasa berkusa pada saat online ke internet karena hal tersebut tidak akan ada gunanya.
  • Jadilah orang pemaaf pada kesalahan orang lain.Dalam berinternet Ada kalanya Anda mendapatkan masalah, baik dari diri Anda sendiri maupun dari orang lain. Apabila masalah tersebut datang dari orang lain maka sebagai orang bijak Anda harus dapat memaafkan kesalahan yang sudah diperbuat orang lain .Jadilah pemaaf apabila Anda ingin mempunyai banyak teman di dunia internet 
(Sumber:Tips &trik Mencari pekerjaan lewat internet
                                       Percetakan ANDI OFFSET}
                                       



                                      Tidak ada komentar:

                                      Posting Komentar

                                      ShoutMix


                                      ShoutMix chat widget